Tips mengatasi batuk pilek bayi

Tuesday, January 22nd 2013. | Tips Bayi sehat

mengatasi batuk pilek bayiMengapa bayi saya sering sakit pilek/flu?

Salah satu alasan bahwa bayi sering pilek adalah bahwa sistem kekebalan tubuh bayi belum matang, membuat si kecil lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, lebih dari 200 virus yang berbeda menyebabkan pilek dan anak Anda mengembangkan kekebalan terhadap mereka satu per satu. Orang dewasa sudah megalami pilek dengan berbagai virus yang berbeda. Bayi Anda harus juga harus mendapatkan semua dari virus itu sehingga menjadi kebal terhadap semua virus dingin.

Saat bayi Anda tumbuh, dia mungkin akan menjelajahi banyak dan menyentuh (dan menjilati!) Segala sesuatu, sehingga mudah baginya terkena virus dingin di tangannya. Kemudian bayi juga meletakkan jari di mulut atau hidung atau menggosok matanya, dan virus akan mendapatkan kesempatan untuk masuk kedalam tubuh si kecil.

Bayi Anda mungkin sakit lebih sering selama musim gugur dan musim dingin karena udara. Bayi juga menghabiskan lebih banyak waktu selama cuaca dingin terkurung di dalam ruangan, di mana virus dapat menyebar lebih mudah dari satu orang ke orang lain.

Kebanyakan bayi akan mengalami enam sampai sepuluh kali pilek setiap tahun. Dalam keluarga dengan anak-anak di tempat penitipan anak atau sekolah, maka bisa sakit pilek mencapai 12 kali dalam setahun! (orang dewasa rata-rata hanya 2-4 kali per tahun.)

Bagaimana saya bisa tahu jika anak kedinginan dan flu atau penyakit lainnya atau bahkan alergi?

Hal ini bisa sangat rumit. Jika bayi Anda menderita pilek, dia mungkin akan mengeluarkan lendir yang dapat menebal dan berubah abu-abu atau kuning atau hijau selama seminggu atau lebih. Si kecil juga mungkin menderita batuk atau demam ringan.

Jika bayi Anda demam, mengawasinya ketika demamnya turun. Jika dia bermain dan makan secara normal (atau hampir normal – dia mungkin sedikit makan) maka mungkin dingin. Jika si bayi tiba-tiba sakit bahkan ketika suhu tubuhnya turun, meskipun dia mungkin memiliki sesuatu yang lebih serius daripada flu Anda seharusnya lebih perhtian dan serius merawatnya.

Juga, penyakit flu atau lainnya lebih cenderung secara mendadak, dan lebih mungkin disertai diare atau muntah. Di sisi lain batuk muncul sebelum demam apapun, itu lebih mungkin bahwa anak Anda pilek.

Gatal, mata berair dan hidung berair adalah salah satu gejala dari alergi, sering berulang serangan bersin dan kulit gatal yang berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Juga, lendir yang keluar dari hidung bayi Anda akan terus mengalir, daripada penebalan dan berubah kuning atau hijau karena cenderung pada anak yang pilek. Alergi tidak akan menyebabkan anak Anda demam.

Bagaimana memperlakukan bayi saya ketika mengalami flu?

Obat akan membuat virus lebih cepat kabur, tetapi Anda dapat membantu bayi Anda merasa lebih baik dan mencegah infeksi dan semakin buruk dengan memastikan ia mendapatkan banyak istirahat dan cairan. Untuk bayi di bawah 4 bulan yang berarti ASI atau susu formula. Pada usia 4 bulan bayi Anda juga dapat memiliki sedikit air, dan pada 6 bulan dia bisa mulai minum jus.

Karena kebanyakan anak tidak dapat menghindari pilek dan flu sampai umur 4 tahun, berikut adalah beberapa cara untuk membantu mengurangi sakit pada bayi Anda saat flu.

Gunakan garam dan hisap. Gunakan air garam, tetes ke dalam hidungnya untuk melonggarkan lendir. Kemudian hisap keluar cairan dan lendir beberapa menit kemudian dengan semprotan karet atau aspirator hidung. Jika bayi Anda mengalami masalah menyusui dengan hidung tersumbat, cobalah cara ini sekitar 15 menit sebelum menyusui. Kemudian bayi Anda akan dapat bernapas dan mengisap pada waktu yang sama.

Pakailah petroleum jelly di luar dari hidung bayi Anda untuk mengurangi iritasi. (Jangan menggunakan semprotan hidung pada bayi Anda kecuali dokter mengatakan tidak apa-apa Mereka dapat berfungsi untuk sementara, tetapi dapat menyebabkan efek samping, membuat kemacetan parah jika terus menggunakannya).

Melembabkan udara. Gunakan humidifier atau vaporizer dingin untuk melembabkan udara di kamar bayi Anda. Atau membawa bayi Anda ke kamar mandi dengan Anda, nyalakan air panas/hangat, menutup pintu, dan duduk di ruang beruap selama sekitar 15 menit. Mandi hangat juga dapat mempunyai manfaat yang sama.

Bayi Anda mungkin tidur lebih baik di kursi mobil dalam posisi agak tegak, dan ini mungkin baik untuk beberapa jam di siang hari. Namun para ahli pada umumnya tidak menyarankan membiarkan bayi tidur di kursi mobil, kursi goyang, atau ayunan  karena produk ini belum diteliti untuk tujuan itu. Mereka mungkin memiliki padding atau sisipan yang menimbulkan risiko mati lemas, dan bayi bisa bergerak cukup untuk flip atas kursi mobil ketika itu tidak dipasang di mobil.

Jangan gunakan bantal atau positioner tidur untuk menopang bayi Anda karena dapat menyebabkan bayi Anda tercekik. Dan jangan memasukkan apa pun di bawah kaki tempat tidur karena yang bisa membuatnya tidak stabil.

Apakah saya tetap bisa memberikan bayi saya obat flu?

Kebanyakan ahli mengatakan tidak. The American Academy of Pediatrics menyarankan dokter untuk memberitahu pasien mereka bahwa batuk OTC dan obat flu tidak efektif pada bayi kurang dari 6 bulan dan kadang-kadang dapat memiliki efek samping yang berbahaya. Anda mungkin ingin tanya dokter anak Anda apakah menyarankan yang berbeda?

Perlu diingat bahwa batuk dan dingin, obat tidak akan memperpendek menderita dingin anak Anda atau mencegah komplikasi lebih lanjut seperti infeksi telinga atau infeksi sinus.

Jika bayi Anda demam, tanyakan kepada dokter Anda tentang memberi acetaminophen atau ibuprofen bayinya.

Jangan pernah memberikan aspirin bayi karena membuatnya lebih rentan terhadap sindrom Reye, sebuah penyakit langka tapi berpotensi fatal.

Apa pengobatan alami atau alternatif dapat membantu meringankan gejala flu bayi saya?

Menambahkan beberapa tetes mentol, kayu putih, atau minyak pinus ke vaporizer atau mandi dapat membantu bayi Anda merasa kurang padat, kata Kathi Kemper, profesor pediatri, ilmu kesehatan masyarakat dan kedokteran keluarga di Wake Forest University School of Medicine dan penulis The Dokter Anak Holistik. (Anda bisa mendapatkan minyak ini di sebagian besar toko makanan alami.) Jika bayi Anda minimal 6 bulan, coba cara dengan solusi hangat teh chamomile juga bisa menenangkan.

Kapan saya harus menghubungi dokter?

Jika anak Anda kurang dari 3 bulan, Anda harus menghubungi dokter pada tanda pertama sakit, terutama jika bayi Anda mengalami demam lebih tinggi dari 100,4 derajat Fahrenheit (diukur pada dubur).

Jika bayi Anda adalah antara 3 dan 6 bulan, dokter mungkin ingin Anda panggil jika suhu tubuhnya mencapai 101 derajat F, dan jika dia lebih dari 6 bulan, 103 derajat F. (Tanyakan kepada dokter bayi Anda untuk pedoman nya.)

Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk mengurangi pilek pada bayi saya?

Anda tidak dapat mencegah dingin setiap saat, tetapi ada hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan paparan bayi Anda dan meningkatkan pertahanannya. Sebagai permulaan, pastikan anggota keluarga dan teman-teman mencuci tangan mereka sebelum memegang bayi Anda (ini sangat penting bagi bayi yang baru lahir, yang bahkan lebih rentan terhadap penyakit dari 1  atau 2 bulan).

Sejauh yang Anda bisa, menjaga bayi Anda jauh dari anak-anak sakit atau orang dewasa. Mereka akan mengerti jika Anda meminta mereka untuk menunda kunjungan untuk mengurangi resiko menular.

Perlu diingat bahwa bayi di tempat penitipan anak mendapatkan pilek lebih dari anak di rumah sendiri hanya karena bayi tertular dari anak lagi dan karenanya kuman juga lebih banyak. Pastikan penyedia penitipan anak Anda teliti tentang mencuci tangan. Dan pastikan Anda mencuci piring juga terutama setelah mengganti popok dan sebelum menyiapkan makanan.

Menjaga bayi Anda terhidrasi dengan baik. Sekali lagi, untuk bayi di bawah 4 bulan ini berarti memastikan bayi Anda terus mendapatkan ASI. Setelah usia itu, Anda dapat memberikan bayi Anda sedikit air juga, dan pada 6 bulan Anda dapat memperkenalkan bayi Anda untuk jus. Jika bayi Anda terhidrasi mungkin harus mengganti setidaknya lima atau enam popok sehari.

Asap rokok dapat menempatkan bayi pada risiko tinggi untuk masalah pernapasan bagian atas, sehingga tetap jelas dari perokok dan menjaga bayi Anda jauh dari daerah di mana seseorang telah merokok. Anak-anak yang hidup dengan perokok akan menderita pilek lebih banyak dan pilek mereka bertahan lebih lama daripada anak-anak yang tidak terpapar asap rokok.

Akhirnya, menyusui selama Anda bisa di rekomendasikan pemberian ASI selama satu tahun untuk menuai manfaat kesehatan dari ASI.) Meskipun itu bukan penagkal  terhadap infeksi, penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang disusui akan sakit lebih jarang karena antibodi dalam ASI melindungi terhadap sejumlah kuman.

tags: , , , , , , , ,