Makanan Bayi Usia 4 Bulan

Monday, June 17th 2013. | Air susu Ibu, Makanan bayi

makanan bayi 4 bulanMempunyai bayi adalah saat-saat terindah dalam hidup. Bayi adalah anugrah dari Yang Maha Kuasa. Karena itu, pada beberapa budaya masyarakat tertentu, ketika seorang ibu mulai mengandung, ada banyak upacara yang harus dilakukan. Contohnya pada masyarakat Jawa. Ketika usia kandungan sudah mencapai 7 bulan, masyarakat Jawa biasanya mengadakan upacara tradisional yang disebut mitoni untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat kehamilan. Kemudian, ketika bayi lahir, para tetangga akan diundang untuk menghadiri acara jagong bayen. Hal ini dilakukan untuk melindungi bayi dari gangguan makhluk halus yang dianggap bisa menyerang bayi. Bahkan saat istri sedang hamil, suami dilarang untuk membunuh hewan tertentu dan bahkan dilarang untuk mengumpat dengan kata-kata kasar. Hal ini menunjukkan bahwa kehadiran bayi merupakan sesuatu yang sangat spesial dalam hidup ini.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mempunyai bayi? Berapakah usia bayi Anda? Jika usia bayi Anda sekitar 4 bulan, ada baiknya Anda mulai memperhatikan makanan bayi sehat yang tepat untuk bayi Anda. Hal ini dikarenakan pada usia sekitar 4 bulan, bayi mulai terlihat mudah lapar dan beberapa bayi mungkin akan terlihat tidak puas terhadap ASI. Mereka akan mudah rewel dan mulai sering meminta ASI lebih banyak. Mungkin Anda akan berpikir, apakah bayi saya sudah bisa merasakan lapar? Apakah bayi saya membutuhkan makanan lebih banyak? Apakah ini saat yang tepat untuk memberi makanan padat kepada bayi saya?

Mungkin teman-teman Anda menyarankan untuk memberikan makanan padat yang lunak seperti buah-buahan dan bubur untuk bayi Anda. Bahkan beberapa orang tua menyatakan bahwa bayi mereka terlihat tidur lebih nyenyak ketika diberi makanan padat.

Untuk mengatasi hal ini, beberapa ibu yang menuruti nasihat teman-temannya mulai memberikan makanan padat selain ASI kepada bayi mereka di usia 4 bulan. Makanan bayi 4 bulan, misalnya bubur dan buah-buahan yang diblender agar bayi tidak merasa kesulitan ketika menelan. Susu formula juga merupakan pilihan populer untuk menggantikan posisi ASI sebagai makanan bayi usia 4 bulan.  Selain itu, beberapa ibu bahkan berani memberikan bayi makanan seperti tahu yang dihaluskan dengan kaldu ayam. Di samping itu, beberapa ibu bahkan memberikan bayinya jus sayuran yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang sudah dimasak.

Akan tetapi, amankah memberi makanan bayi yang padat untuk usia 4 bulan?

WHO merekomendasikan kepada para ibu yang mempunyai bayi usia sekitar 4 bulan agar memberikan ASI daripada makanan padat. Dengan kata lain, ASI tetap merupakan makanan utama sampai bayi berusia 6 bulan. Jika bayi masih berusia di bawah 6 bulan, jangan diberi makanan padat terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Jika bayi mulai mengkonsumsi makanan padat sejak dia berusia 4 bulan, dikhawatirkan bayi akan mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti kembung dan diare, bahkan risiko untuk mengalami reaksi alergi menjadi lebih besar. Jika bayi bertambah usia nanti, kemungkinan dia akan menjadi susah makan dan mudah menolak makanan yang membuat dirinya tidak nyaman. Pada beberapa kasus, kemungkinan bayi untuk mengalami obesitas juga sangat besar. Bahkan kemungkinan untuk mendapat diabetes pada usia dini juga besar.

Jadi, ASI masih merupakan makanan yang tepat untuk bayi usia 4 bulan. Untuk kesehatan bayi Anda sendiri, tidak ada salahnya bukan memberi bayi Anda ASI sampai dia berada pada usia yang cukup untuk disapih?

Lantas mengapa bayi terkadang lebih mudah rewel pada usia-usia sekitar 4 bulan? Bayi rewel belum tentu lapar. Ada kemungkinan lain yang menyebabkan bayi menjadi mudah rewel. Sebaiknya Anda jangan terburu-buru memberikan makanan padat kepada bayi Anda meskipun dia terlihat gamapang rewel dan mudah menangis.

Karena itulah, meskipun teman Anda menyarankan untuk mulai memberikan MPASI (Makanan Pendamping air susu ibu) kepada bayi Anda yang baru berusia 4 bulan, jangan terburu-buru untuk memberikan makanan padat kepada bayi Anda. Jika Anda ingin memberikan makanan padat kepada bayi Anda, alangkah lebih baik jika Anda mengkonsultasikannya kepada dokter anak Anda terlebih dahulu.

tags: , , ,